Juta Ajrullah

Berbagi Demi Kebahagiaan Hakiki

AREMA (Juara) Indonesia

Posted by jutaajrullah on 28 May 2010

Hari Rabu kemarin Tgl. 26 Mei 2010 sungguh hari yang sangat menggembirakan dan mengharukan. Yang pertama karena Wanita tersayang :-p  akhirnya telah  dinyatakan lulus secara sah dari kuliah S1-nya.  Sebuah tahapan yang sudah dinanti-nanti, tidak hanya oleh dia dan orang tuanya, tapi juga seseorang yang nulis blog ini. hehe.. Momen menggembirakan yang kedua adalah akhirnya AREMA, Tim Kesayangan saya dan seluruh warga Malang raya di Jagat Raya ini berhasil meraih gelar Juara Liga Indoensia. Sebuah prestasi yang sudah ditunggu-tunggu selama 17 Tahun lamanya. Raihan prestasi yang jujur saja selalu membuat para pecinta AREMA, termasuk saya ini, penasaran untuk bisa merasakannya. Kemarin sore, ketika mendengar dari Radio, dan dilanjutkan dengan online di Fesbuk dengan mantengin Status para Aremania Facebooker, karena saya harus Masuk Kursus, perasaaan lega dan senang sangat terasa sekali setelah dengan meyakinkan AREMA berhasil menahan imbang PSPS dengan Skor 1-1. Meskipun seri, tapi hasil ini sudah cukup bagi AREMA untuk menjadi jawara di Liga Indonesia musim ini. Perasaan saya mengatakan, sungguh hari yang sangat melegakan dan menggembirakan. Selega dan segembira waktu saya dinyatakan lulus dari S1, segembira waktu saya mendapat pekerjaan, segembira ketika saya ‘diterima’ oleh pacara saya dulu. hehe..

Ketika awal kompetisi Liga Super Indonesia dimulai, siapa yg menduga sebelumnya kalau AREMA Indonesia akan menjuarai Liga Musim ini. Banyak dari mereka yang ahli dan pengalaman dalam sepak bola nasional tidak memperhitungkan AREMA Indonesia sebagai calon juara. Mereka lebih senang mencalonkan Persipura, Sriwijaya FC, Persija, Persib, Persisam sebagai calon juara. Bagaimana tidak, AREMA mengawali musim ini dengan ancaman pembubaran Tim karena PT Bentoel sebagai pengelola sebelumnya sudah lelah dan tidak sanggup lagi untuk membesarkan AREMA. Tapi, ketika awal kompetisi dulu, selalu ada harapan dari saya dan pasti dari AREMANIA yang lain, bahwa AREMA bisa juara musim ini.

Sesungguhnya harapan saya ketika itu, yang ingin AREMA juara bukanlah harapan yang kosong. Dengan dana yang sangat minim, persiapan yang seadanya dan mepet, seluruh pemain dan manajemen hampir semuanya muka2 baru, justru membuat saya yakin bahwa hal2 ini akan menjadi titik balik bagi keberhasilan AREMA di musim ini. Sehingga di awal Musim ketika waktu itu AREMA berhasil mengalahkan Persija dgn skor 1-0 di pertandingan pertamanya, harapan itu lambat laun menjadi keyakinan bagi saya, bahwa AREMA Indonesia akan Juara Liga Musim ini. Saking yakinnya saya, ketika AREMA kalah untuk pertama kalinya oleh Persela, dan menderita kekalahan yang lainnya. Hati ini rsanya tetep saja tenang. Seperti ada yang memberi sugesti ke diri sendiri bahwa AREMA Akan Juara Musim ini.

Keyakinan ini sebenarnya didasari oleh beberapa alasan saya sendiri.

Pertama, entah bagaimana menjelaskannya secara jelas, selalu ada korelasi negatif ketika AREMA  memiliki banyak dana (baca: kaya) dengan ketika AREMA kesulitan Biaya (baca: miskin). Saya ingat betul waktu saya SMA, ketika itu masih bernama Ligina, AREMA hampir tidak mempunyai masalah keuangan (saya lupa musim berapa itu) karena disokong oleh sponsor dari Mochin merk Kanzen. Ketika itu AREMA bisa lolos ke delapan besar. Kalo tidak salah sampai tiga musim berturut-turut, AREMA bisa ke babak delapan besar. Tapi sangat disayangkan, selalu saja ada masalah yang membuat AREMA tergelincir dan gagal juara. Tapi, ketika Tim ini sedang kesulitan dana, permainannya sungguh luar biasa.  Contohnya waktu Juara Galatama dan sekarang ini Juara Liga Indonesia. Ketika Juara Copa Indonesia, memang AREMA sedang disokong banyak Dana oleh Bentoel, tapi tetap saja, Juara Liga adalah Tujuan utama tim ini. Sehingga ketika Tim ini selamat dari ancaman pembubaran Tim, ketika itu saya sedikit yakin bahwa AREMA bisa berprestasi bagus musim ini.

Kedua, seperti pepatah bilang, habis gelap terbitlah terang. Sanksi habis, AREMANIA seharusnya dapat penghargaan. Apa itu!? ya Juara Liga Indonesia. Setelah menjalani sanksi selama dua tahun tidak boleh menggunakan atribut kebesaran, AREMANIA seperti memuntahkan dahaganya untuk memberikan dukungan total kepada AREMA. Gak tanggung2 berbagai rekor muncul dari AREMANIA ini. Setelah selama dua tahun ini, stadion jarang sekali penuh sesak ketika AREMA bertanding, Musim ini justru sangat jarang stadion menjadi sepi ketika AREMA bertanding. Nyaris, hampir semua pertandingan selalu dipenuhi AREMANIA. Tiket selalu habis. Rekor penonton terbanyak terpecahkan oleh AREMANIA, tidak hanya di Nasional, tapi sudah di kawasan ASEAN. Rekor pendapatan sebesar 1 Milyar lebih pun bisa dibukukan dari AREMANIA ini. AREMA menjadi satu2nya tim di Liga Indonesia yang bisa memperoleh pendapatan dari pendukungnya paling besar. Mengalahkan tim2 besar lainnya. Seperti pengalaman permainan AREMA sebelum2nya. Dukungan luar biasa AREMANIA selalu berkorelasi positif terhadap prestasi Tim. Semua karena ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Tingginya dukungan suporter, selalu berjalan searah dengan bagusnya performa Tim.

Ketiga, AREMA tahun ini benar-benar kebanjiran keberuntungan. Seolah memang sudah ditakdirkan supaya tahun ini bisa juara. dari setiap pertandingan yang dimenangkan, yang saya lihat, selalu saja ada keberuntungan yang menyertai. Tapi, perlu diperjelas, klo keberuntungan ini bukan karena dibantu Wasit atau pihak2 yang lain. Tapi lebih pada prosesi terciptanya kemenangan di setiap pertanding. Dari beberapa yang saya tonton, banyak lawan AREMA yang seringkali lengah ketika melawan tim ini. Artinya, mereka seperti sedang Apes klo main lawan AREMA. Sekali lagi, bukan karena diberi keuntungan oleh Wasit atau pihak manapun. AREMA juga sama dengan Tim2 yang lain, ketika away ke kandang lawan juga sering dikerjai wasit. Tapi, meskipun begitu, AREMA bisa memenangkan 8 kali pertandingan away. Semuanya karena tim ini sedang banyak keberuntungan. Singkatnya,  menurut saya pribadi, peruntungan AREMA tahun ini sedang Bagus2nya. Bisa jadi, AREMA tahun ini bisa merebut Double Winner. Mumpung peruntungannya sedang Bagus..

Keempat, karena dianggap sebagai tim yang sangat minim persiapan dan dengan pemain2 yang bukan pemain bintang/ timnas. Jadi, spirit moral dan batin di setiap pemain AREMA jadi berlipat2. Meskipun ketika putaran pertama ada Markus Haris, tetep saja, mayoritas tim ini adalah pemain2 yang tidak terkenal sama sekali. Bahkan kebanyakan adalah pemain muda. Menjelang berlangsungnya musim ini, tim mana yang mencari Roman Chmelo, Fahrudin, Dendi Santoso, Ahmad Bustomi, maupun M. Ridhuan!?? Semangat untuk membuktikan bahwa AREMA adalah bukan tim kacang bawang yang sangat besar menjadi modal utama bagi pemain2 AREMA untuk bermain sangat konsisten selama musim ini. Nampanya seperti sudah beruntung, Tim ini juga dilatih oleh Pelatih yang sangat paham betul bagaimana meracik pemain2 muda dan dengan semangat seperti ini. Jadinya, AREMA bisa tampil konsisten sepanjang musim dan akhirnya Juara.

Wuaaahhh.. Yang jelas, senang sekali AREMA akhirnya juara. Masih ada keyakinan juga dari saya bahwa AREMA bisa dapet double Winner dengan juara Piala Indonesia. Alasannya, sekarang lagi musim double+treble winner.  Tim2 yang dapet gelar ganda juga kebanyakan berwarna biru, misalnya Inter Milan dan Chelsea. AREMA juga tim dengan warna kebesaran Biru. Jadi, sekarang trennya tim2 warna biru bisa dapet gelar juara lebih dari satu. Saya yakin AREMA juga begitu.. Bismillah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: