Juta Ajrullah

Berbagi Demi Kebahagiaan Hakiki

Kisah Markus Horison yang Masuk Islam

Posted by jutaajrullah on 12 August 2010

Bagi penggemar sepak bola dalam negeri, nama Markus Horison pastilah sudah tidak asing lagi. Sejak dipercaya menjadi penjaga gawang Tim Merah Putih pada babak penyisihan grup Piala Asia 2007 lalu, menggantikan Jendri Pitoy, nama Markus mulai banyak dikenal di jagad sepak bola Indonesia. Meskipun waktu itu Indonesia kalah 1-0 dari Korea Selatan, dan tersingkir dari gelaran kompetisi, tapi justru sejak itu, Markus kerap dipercaya berada di bawah mistar gawang Tim Nasional Indonesia.

Markus kecil lahir di Pangkalan Brandan, Medan, 14 Maret 1981. Hobinya bermain bola membawa ia bercita-cita untuk menjadi penjaga gawang Tim Nasional Merah Putih ketika ia menjalani karir profesionalnya suatu hari nanti. Perawakannyanya yang memang lebih tinggi dari rekan-rekan sebayanya, membuat anak bungsu dari empat bersaudara ini kerap dipercaya menjadi penjaga gawang setiap kali ia bermain bola dengan kawan-kawannya.

Menekuni hobinya bermain bola dimulai saat Markus berusia 13 tahun dengan masuk ke sekolah sepak bola, Brandan Putra. Tahun 2000, Markus yang juga memiliki hobi berenang ini memulai karir profesionalnya sebagai seorang pemain bola pada Divisi II PSKB Binjai. Setahun kemudian, karirnya merambat naik dengan mulai bermain bersama klub yang berada di Divisi I, Persiraja Banda Aceh. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2003, Markus bergabung dengan klub asal tanah kelahirannya, PSMS Medan.

Bersama klub yang dijuluki ‘Ayam Kinantan’ ini, Markus sempat berpeluang menjadi kampiun pada Liga Indonesia 2007-2008, sebelum akhirnya dikalahkan oleh klub satu pulaunya, Sriwijaya FC. Seiring dengan permasalahan internal yang terjadi dalam tubuh PSMS Medan, menjelang masa dimulainya Liga Super Indonesia 2008-2009, Markus bersama dengan rekan-rekannya di PSMS seperti Mahyadi Panggabean, memutuskan untuk hijrah ke kesebelasan Persik Kediri.

Waktu ternyata mempertemukan kembali Markus dengan klub lama yang sempat lama dibelanya, PSMS Medan. Terjadinya krisis dalam tubuh Persik Kediri pada pertengahan musim Liga Super, membawa Markus kembali menjadi penjaga gawang PSMS selama putaran kedua kompetisi tertinggi sepak bola di Indonesia. Tidak seperti kepindahannya yang disertai oleh beberapa rekan-rekannya, kepulangan Markus ke PSMS kali ini hanya seorang diri.

Sejak menekuni kariernya sebagai pesepakbola profesional, sejumlah prestasi telah ditorehkannya, baik untuk level klub maupun pribadi. Bersama klubnya kala itu, PSMS Medan, Markus menjuarai turnamen ‘Piala Emas Bang Yos’ selama tiga tahun berturut-turut (2004, 2005, 2006). Bahkan pada akhir turnamen pada 2006, Markus memperoleh gelar sebagai ‘Pemain Terbaik’.

Mendapat Hidayah

Dibesarkan di keluarga yang semua anggotanya beragama Kristen, Markus yang merupakan anak dari pasangan Julius Ririhina, dan Yenny Rosmawati, banyak memperoleh gambaran mengenai agama Islam dari keluarga pihak ibu. ”Ibu saya awalnya Islam. Sejak menikah dengan ayah, Ibu berganti kepercayaan mengikuti kepercayaan ayah,” tutur pemilik nama lengkap Markus Horison Ririhina ini.

Menurut Markus, kedekatan, dan keakraban yang ia miliki dengan kerabat dari pihak ibu, membuat Markus sejak kecil sudah tidak asing lagi dengan hal-hal yang berbau Islam, seperti shalat, puasa, dan mengaji. ”Sejak duduk di sekolah dasar, saya sering menghabiskan liburan sekolah dengan berkunjung ke rumah saudara dari pihak ibu yang tinggal di Aceh. Dari situ, saya sering ikut mereka ke masjid. Tidak benar-benar masuk sih, tapi yah saya banyak memperoleh gambaran tentang Islam, dan shalat dari situ,” cerita ‘Penjaga Gawang Terbaik’ versi gelaran Liga Indonesia musim 2007-2008 yang lalu ini.

Pada tahun 2004, ketika ia berusia 25 tahun, Markus mendapatkan hidayah dari Allah SWT, dan akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam. ”Saya memutuskan untuk masuk Islam, tanpa ada paksaan dari siapapun. Jadi, ini benar-benar keinginan saya sendiri,” tuturnya. Semenjak menjadi muallaf, Markus memiliki nama lain yang lebih bernafaskan Islam, yaitu Muhammad Haris. Namun, ia lebih sering menggunakan nama aslinya, karena memang ia telah lebih dulu dikenal dengan nama Markus Horison.

Keputusan Markus untuk menjadi muallaf bukannya tanpa rintangan. Di masa-masa awal perjalanannya memeluk Islam, ayah beserta ketiga kakaknya menentang keputusan tersebut. ”Awalnya tentu mereka semua merasa keberatan. Hal tersebut wajar, dan saya sangat bisa mengerti. Tapi, pada akhirnya mereka menyadari bahwa saya sudah cukup dewasa dan bisa menentukkan jalan hidup yang saya rasa terbaik untuk saya sendiri,” ujar Markus yang setia dengan model rambut bergaya plontos ini.

Sebagai satu-satunya muslim di keluarga, membuat Markus terbiasa beribadah sendirian. Di kala bulan Ramadhan tiba, Markus biasa sahur, berbuka, menjalankan tarawih, dan merayakan lebaran Idul Fitri dan Idul Adha sendirian. ”Awalnya memang berat, tapi hal tersebut harus saya jalani,” kata Markus. Meskipun begitu, atlet yang ikut memperkuat tim Sumatera Utara pada pagelaran PON XVI di Palembang pada 2004 lalu ini, mengaku tetap senang, dan bahagia menjalaninya.

Menurutnya, dalam menjalani agama yang ia anut sebelumnya, dengan yang ia anut kini, Markus tidak menemukan adanya sebuah perbedaan yang teramat besar. ”Buat saya sebenarnya semua agama tidak terlalu berbeda. Semuanya mengajarkan kita untuk selalu ingat kepada Tuhan. Hal terpenting sebenarnya hanyalah bagaimana kita menjalankan kewajiban kita sebagai umat beragama,” lanjutnya.

Kebersamaan, dan dukungan sejak awal ia menjadi muallaf, justru diperoleh Markus dari rekan-rekannya di kesebelasan PSMS Medan yang kebanyakan beragama Islam. ”Saya sering shalat, belajar, dan bertanya hal-hal seputar Islam kepada mereka,” cerita Markus. Ramadhan pertama yang harus ia lalui pun bersamaan dengan kewajiban Markus menjalani latihan bersama dengan rekan-rekan satu klubnya. ”Haus bukan halangan, karena puasa itu kan kewajiban,” tegas Markus yang mengidolakan Rasullulah SAW ini.

Pengalamannya berpuasa pada Ramadhan pertamanya juga merupakan salah satu pengalaman paling berkesan yang ia rasakan semenjak menjadi muallaf. Pada tahun pertamanya berpuasa, ternyata ia mampu menjalankan ibadah puasa, tanpa ada bolong satu haripun.

”Rasanya saya tidak percaya bahwa saya bisa, karena pada hari-hari biasa saya termasuk orang yang paling tidak tahan lapar. Ternyata saya memang bisa, dan bahagianya saya ketika akhirnya berhasil mencapai Hari Kemenangan,” kenang Markus.

Kini, sebagai seorang muslim, membuat Markus kian rajin mempelajari seluk beluk dunia Islam. Ia kerap membaca, dan mempelajari sendiri buku mengenai Islam yang ia beli untuk memperluas pengetahuan keislamannya. Buku-buku panduan shalat, dan berbagai buku bacaan doa pun sering ia beli untuk menyempurnakan ibadahnya. ”Saya biasanya membaca tulisan latinnya saja, karena memang bacaan arab saya masih kurang lancar,” akunya.

Sedikit-sedikit Markus pun belajar untuk menjalankan berbagai ibadah Sunnah seperti belajar berpuasa Senin-Kamis. Seperti juga kebanyakan umat muslim lainnya, memiliki harapan untuk dapat menginjakkan kaki di rumah Allah (menunaikan ibadah haji) hari nanti. ”Pastilah sebagai muslim saya ingin sekali bisa menjalankan ibadah umroh, ataupun haji. Selain itu, masih begitu banyak hal yang harus saya lakukan untuk menyempurnakan keislaman saya, seperti memperlancar belajar mengaji,” ujarnya.

Biodata
Nama lengkap : Markus Horison Ririhina
Nama Muslim : Muhammad Haris/ Markus Haris Maulana
Tempat, Tanggal lahir : Pangkalan Brandan, Medan, 14 Maret 1981
Orang Tua : Ayah = Julius Ririhina
Ibu = Yenny Rosmawati (Almh)
Anak ke : 4 (bungsu) dari empat bersaudara
Tinggi Badan : 186 cm
Berat Badan : 75 Kg
Posisi : Penjaga Gawang
Klub Sekarang : Persib Bandung
Klub remaja : Diklat PPLP Sumatra Selatan (1998-2000)

Klub profesional :

– (2000-2001) : PSL Langkat
– (2001-2002) : Persiraja Banda Aceh
– (2002-2003) : PSKB Binjai
– (2003-2008) : PSMS Medan
– (2008) : Persik Kediri
– (2008) : PSMS Medan

– (2009) : AREMA Indonesia

– (2010) : Persib bandung

Karier di Timnas: (2007-Sekarang)
Debut Timnas : Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia di Jakarta (0-1)

Prestasi :

– 2004 : Juara Turnamen Piala Emas Bang Yos Bersama PSMS Medan
– 2005 : Juara Turnamen Piala Emas Bang Yos Bersama PSMS Medan
– 2006 : Juara Turnamen Piala Emas Bang Yos Bersama PSMS Medan
– 2006 : Pemain Terbaik Piala Emas Bang Yos
– 2007-2008 : Penjaga Gawang Terbaik versi Liga Indonesia
– 2007-2008 : Runner Up Liga Indonesia (PSMS Medan)
– 2008 : Juara Piala Kemerdekaan 2008 melawan Libya (3-1, Libya WO)
– 2008 : Runner Up Grand Royal Challenge 2008 di Myanmar (3-1).

Rujukan: http://islamdigest.net

– (2000-2001) : PSL Langkat
– (2001-2002) : Persiraja Banda Aceh
– (2002-2003) : PSKB Binjai
– (2003-2008) : PSMS Medan
– (2008) : Persik Kediri
– (2008) : PSMS Medan

– (2009) : AREMA Indonesia

-(2010) : Persib bandung

51 Responses to “Kisah Markus Horison yang Masuk Islam”

  1. riyadi said

    alhamdulillah mas markus dapat hidayah dari allah smoga menjadi islam sejati,berguna jd agama dan bangsa aminn.

  2. jutaajrullah said

    Amien… Thanx atas kunjungannya..

  3. azan said

    markus kuatkan keislaman mu

  4. lolly said

    bodoh kalau aku bilang🙂

  5. jutaajrullah said

    Apanya dan Siapa ni yang Bodoh????

  6. Abdullah said

    Subhanallah…Markus..hebat loe…pintar banget bisa milih agama yang menjanjikan dapat 17 bidadari di surga. Juga halal kok kalo mau tambah istri lagi, ambil 3 lagi boleh..

  7. na2ng said

    gak peduli kata orang, banyak yang gak suka sama markus,tapi yang ngfans ama ngedukung lebih banyak kok.
    saya dukung di timnas,di PERSIB,apalagi udah nikah…
    sukses selalu Markus!

  8. ramaita said

    Si loly tu yg bodoh.. Hahha

  9. Irham said

    Unik ya, Ibunya murtad, anaknya Mualaf

  10. gvcj,h said

    bodoh nya diri mu kawan

  11. kamu anak medaan tunjukkan keahlian mu dibawah mistar jangan pantang menyerah pada sesuatu keadaan, maju terus pantang mundur…………..

  12. jutaajrullah said

    Subhanallah Abdullah.. Belajarlah Agama Islam dengan benar… saya yakin anda sangat paham Agama Islam. Tapi mengapa anda justru mengabaikan kepintaran yang anda miliki dengan justru belajar di situs yang menyesatkan. Semoga Allah memberikan petunjukNya kepada anda.

  13. jutaajrullah said

    Jangan saling bodoh-membodohkan ya.. karena sebenarnya kita tidak pernah tau sepintar apa diri kita..

  14. Kiki said

    Subhanallah…Markus..hebat loe…pintar banget bisa milih agama yang menjanjikan dapat 17 bidadari di surga. Juga halal kok kalo mau tambah istri lagi, ambil 3 lagi boleh..
    OooH, BEGITU YA RUPAYA YAA?????….. KALAU MAU DAPAT BIDADARI 17 DAN ISTRI 3 ATAU LEBIH MUALAF DULU YA…. JADI ITU YANG DIKEJAR DAN DIAJARKAN…. HANYA MENGEJAR KESENANGAN DUNIAWI….PANTESAN JADI MASUK NERAKA SEMUA…. DARI HATI NURANI YANG PALING DALAM MANA ADA ISTRI YANG MAU DIMADU 3,4,5 APALAGI 17…….AJARAN BODOH……..

  15. jutaajrullah said

    Tanya aja sama Perempuan-perempuan yang dipoligami.. Kalau ajaran bodoh, kok perempuan yang mau dipoligami banyak bgt??? Kok ada poligami?? gak cuma di Indonesia aja loh.. Di belahan dunia lain juga ada.
    Lagipula emang kita tau siapa aja yang masuk neraka??

  16. nadiyah said

    rajin rajin lah anda membaca qur’an
    dan jadilah islam sejati

  17. Kiki said

    Ia jelas dong perempuan terpaksa mau karena takut diceraikan…..

  18. ghozi said

    hidayah memang bsa terjadi dimana saja, tidak hrs dlm masjid, di lapangan bola pun bsa….moga Alloh menguatkan iman Markus…

  19. zera said

    ra….
    Kren markus….
    Aq suka dgn org yg gag pntang menyerah..
    Kuat khan islam mu markus

  20. Watcher said

    Muhammad Ali ( sebagai Cassius Marcellus Clay, Jr) , (Malik Abdul Aziz) Michael Gerard Tyson Atlit dan olahragawan terbesar dan legenda yang tak terkalahkan, tapi hancur karna kesombongan sendiri. Markus ? Semoga tidak…. GBU

  21. wulan said

    yaallah saya tidak menyangka ingin sekali masuk islam sampai2 ayahnya menentang tapi tetap ingin tekatnya ingin masuk islam subhanallah

  22. jutaajrullah said

    Yup.. semoga tetap Istikomah..

  23. moenthe couekk abiezz said

    perTahn kn keisLman mu kaWan………..

  24. David said

    kembalilah ke agama mu yg sebenarnya!!!!!

  25. jutaajrullah said

    Agama yang rohmatan lil alamin.. Agama yang berkah bagi seluruh Alam..

  26. Irama Impian said

    Markus dan Cristian Gonzales jadilah model “muallaf” yang berjaya…

  27. Lanang said

    Hai insan yg dikuasai nafsu……….. Gk usah mencela orang lain memilih keyakinan, banyak2lah belajar kitab apa saja biar mendalam pemahamanmu tentang agama, blm belajar banyak kitab atau takut belajar kitab lain? udah komentar mencela emang hanya kamu yang paling baik/benar?

  28. auda pamungkas said

    saya bilang bahwa markus adalah tetap yg trbaik spnjang masa, aneh manusia lbh byk negativ pikirannya, prestasi yang ditonjolkan boy. rezpect for markus haris maulana horison, by rezpector bandung. tehaex.

  29. jutaajrullah said

    Siipp.. Mantabh.. saya setuju!!

  30. dia masuk islam atas kesadaran sendiri dengan mengajak teman dekatnya untuk bersyahadat lho, hebat kan.

  31. Wike khodimatul millah said

    Markus emang ok dech…
    Slw ya wat ka markus…

  32. mas markus klu mu ke haji ajak sya yah hahahahah{bercanda kok} tetap d persib yah bank markus plizzz

  33. Sani Tijue said

    jangan banyak cakap kalau tidak paham dan tidak ngerti ajaran islam, kami aja yang muslim masih seujung kaku mengenai islam , dan sesorang muslim tidk akan sah keislamannya kalau dirinya tiadk percaya dengan zabur , taurat dan injil selain itu juga tidak akan sah pula keislamannya kalau tidak mengakui adanya nabi Isa

  34. yohanis buntu madika said

    markus maulana horison, tdk usah pakai nm markus lgi krn markus dlm alkitab ad org suci sdgkan markus maulana horison adalah yudas iskariot. jgn pernah bermimpi untuk msk piala dunia….

  35. Seseorang Diluar Sana said

    Sebelum membuat opini / mengkritik.
    Sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu dengan lengkap semua ilmu yang kalian ketahui tanpa setengah-setengah untuk mencegah kesalah-pahaman.
    Setelah kalian telaah dengan menggunakan akal sehat, barulah kalian buat opini anda berdasarkan semua fakta yang kalian ketahui secara cerdas & bijak tanpa memasukkan berita yang tidak benar faktanya serta memaksakan doktrin yang kalian percaya.

  36. wahyu putra utomo said

    Semoga Agama Mu Menjadi Pembuka jalan karir mu MarkuS
    aku fans berat Mu
    Nama : wahyu putra utomo
    alamat : kal-bar sambas
    TTL : 08-04-1998
    aQ Akan Mendukung timnas indonesia sampai kapan pun

  37. wahyu said

    Markus memang yang pertama di TIMNAS tiada markus horison
    tiada juga TIMNAS yang kokoh seperti ini
    Maju terus markus
    agamamu saat ini adalah surga mu di dunia
    aku fans berat mu markus
    nama : wahyu putra utomo
    alamat : Kal-bar sambas
    TTL : Sambas,08-04-1998
    insya allah aku yang akan menggantikan mu di bawah mistar gawang TIMNAS Indonesia

    amien……..

  38. arief d'badasir said

    tebal kan iman mu dan buat lha mkin kokoh ke islam man mu bg markus

  39. yudi said

    pilihan mu tepat sudah mana ada manusia jadi tuhan kalau manusia jadi tuhan lucu!!! karna manusia tetap punya keburukan contoh waktu kecil ia sering pipis di celana atau berak di celana atau waktu kacil sering nyurii manga orang, kan lucu kalau tuhan pernah pipis di celana apalagi ngak punya celana kayak itutuuu hee hee orang cerdas lah yg memilih dengan tepat.

  40. mualafkeren said

    aneh benar, kok Tuhan bisa mengajarkan orang berpoligami, padahal Tuhan itu kudus. Jgn2 bukan Tuhan yg ajar, tp siasat nafsu jahat dari seseorang yg mengaku rasul… Semua orang disesatkan. masuk neraka..!

  41. jutaajrullah said

    Saudaraku yang diberkati, Tuhan tidak pernah mengajarkan Poligami. Dia justru mengajarkan keadilan bagi sesama dan bagi yang kita cintai. Tidak perlu juga mengatakan siapa dan apa masuk neraka atau surga, sementara kita sendiri belum tau akan masuk kemana kita nanti.

    Jadikan tulisan ini sebagai bahan mengevaluasi dan berkaca diri. Bukan malah menggunjingkan entitas atau kelompok lain..

  42. anak medan said

    bgi markus memang bdoh!!
    Dan tetap bodoh!!
    Semenjak dia masuk islam..

    indonesia kalah terus..

  43. LION said

    memang benar Markus mulanya Kristen, tetapi dia adalah orang Kristen yang tidak mengerti akan iman kristen, dan kini menjadi orang Islam yang juga tidak menegerti tentang Islam dan sejarah Islamnya. tapi mari kita lihat perjalanan hidupnya sejak dia meninggalkan Iman Kristen. Firman Tuhan katakan lebih baik sama sekali tidak mengerti ketimbang sok tahu dan menghujat.

  44. ouzan said

    ingat bgt waktu msh SSB di bapor, sering di panggil “Apek”..hhee hhee…

  45. baru dengar awak kalau markus itu pindah agama,,,
    pantasan nama Markus itu sperti yang ada dalam Alkitab,,,,
    tp gpp lh, kalau itu memang kemauannya, ya itulah yang terbaik buat dia,,,,yang penting jangan ada kata penyesalan bwat dia,,,,,,dan jgn gara2 itu kluarganya jadi hancur,,,,,tp walaupun begitu saya tetap dukung markus dalam dunia sepakbola,,,dan terus berkarya di kota kelahirannya yaitu Medan,,,,hidup Medan si ayam kinantan,,,,,,walupun beda agam tapi kita tetap satu sobat didalam negara Indonesia.

  46. Imelda Ku said

    Manusia berpoligami itu sah-sah saja. Sebab jumlah wanita memang melampaui laki berkali-kali. Apa solusi anda?. Lagian Nabi Sulaiman juga kawin banyak, Ibrahim juga berpoligami. Emang elo lebih hebat dari pada para nabi….. Llo kekurangan minum bajigor

  47. Imelda Ku said

    Hanya laki penakut yang tak mau kawin lagi……..Fitrah laki-laki mau kawin lagi. kecuali yang pikirannya tidak jujur

  48. jutaajrullah said

    Sebenarnya perbedaan jumlah laki-laki dan perempuan bukan alasan yang utama untuk dijadikan dasar berpoligami..

  49. jutaajrullah said

    Indonesia Kalah bukan karena Islamnya Markus..

  50. jutaajrullah said

    Reblogged this on Juta Ajrullah.

  51. cia said

    Itu kan urusannya markus sama pilihan imannya, kenapa kalian yang ribut? Ahahah
    Nek gitu mbok yg ngatain aja yang jadi KIPER nyaaaaa.. bisa po hayooooooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: