Juta Ajrullah

Berbagi Demi Kebahagiaan Hakiki

Kamu Pernah Sakit Hati??

Posted by jutaajrullah on 26 August 2010

Jangan bertanya bagaimana rasanya sakit hati. Jangan pula bertanya siapa yang membuat hati terasa pedih, perih, dan nyeri. Sulit diungkapkan, tapi sangat jelas menyayat dada bagian dalam. Sakit hati adalah sakit dari segala sakit. Mungkin Kamu pernah mengalaminya. Sakit hati tidak selalu disebabkan oleh putus cinta, tetapi bisa juga disebabkan oleh perbedaan pendapat atau pertentangan dengan teman atau anggota keluarga. Namun, sakit hati hampir sama rasanya dengan putus cinta, demikian juga dampaknya.

Siapa pun Kamu, pasti ingin dicintai, mencintai, dipercayai, dan mempercayai orang lain. Tetapi, ketika sakit hati tiba, sulit bagimu untuk kembali memaafkan dan mempercayai orang yang menyakitimu. Bahkan Kamu mungkin merasa sulit untuk membuka hati dan perasaan kepada orang lain yang tidak tahu apa-apa. Ini adalah dilema yang harus dihadapi. Terserah Kamu, memilih untuk berjalan sendiri atau melanjutkan hubungan setelah apa yang terjadi. Satu hal yang pasti, hidup akan terus berjalan dengan atau tanpa sakit hati.

Belajar untuk membuka kembali hati, perasaan cinta dan rasa percaya kepada orang-orang yang pernah menyakitimu merupakan hal yang penting. Kenapa ? Karena cepat atau lambat, setiap orang akan menyakiti dan disakiti hatinya. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila Kamu menyadari bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang luput dari sakit hati, termasuk Dirimu. Tanpa bermaksud mengurangi rasa percaya kepada orang-orang yang Kamu cintai, ada baiknya Kamu menyadari bahwa siapa pun dia, teman biasa, sahabat, pacar atau keluarga dan sebaik apa pun dia, suatu saat nanti akan menjadi orang yang menyakiti Kamu, walaupun mungkin tidak disengaja. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila Kamu menganggap bahwa mereka tidak serius dengan ucapannya. Kamu bisa menganggapnya angin lalu atau bisa mengatakan kepada diri bahwa perbuatan mereka sebenarnya tidak ditujukan kepadamu. Cuek saja, jangan dimasukkan ke hati.

Belajar untuk bertanggung jawab dan menghargai orang lain juga sangat penting. Coba bertanya pada diri, apa yang tidak diinginkan dalam hubungan Kamu, apa yang bisa membuatmu sakit hati, dan apa yang Kamu ingin orang lain lakukan. Buatlah daftarnya dan coba utarakan hal itu kepada orang-orang di sekitarmu. Apabila Kamu sakit hati lagi, ada baiknya mengingat cara mengatasi sakit hati terdahulu. Tetapi mencoba keluar dari masalah dan melupakannya dengan cepat, akan sangat membantu. Apabila perlu, hang-out bersama teman-teman dan alihkan perhatian kepada pekerjaan atau olahraga.

Kamu juga perlu mengetahui bahwa kata kunci untuk menyelamatkan diri dari sakit hati adalah bukan percaya kepada orang lain tetapi percaya kepada diri sendiri dan perasaan Kamu. Ingatlah bahwa tidak ada jaminan orang lain tidak akan menyakiti perasaanmu. Berusahalah menjadi orang baik, sopan, bijak, peduli kepada orang lain dan dapat dipercaya. Untuk menjadi itu semua, tentu saja Kamu harus dapat mempercayai diri sendiri agar Kamu merasa bebas berbuat dan menentukan hubungan. Berkomunikasi secara efektif dan lugas sangat penting. Ungkapkan perasaanmu, apa yang disukai dan apa yang dibenci. Hal itu sangat membantu orang lain mengerti Dirimu dan berusaha untuk tidak melakukan tindakan yang mungkin bisa menyakiti hati Kamu.

Belajar mempercayai opini sendiri mengenai diri, tindakan dan perbuatanmu adalah lebih penting dari mempercayai opini orang lain. Bisa jadi Kamu justru bertambah sakit hati dengan opini mereka. Belajarlah untuk percaya dan hargai dirimu sendiri. Hal paling utama yang harus Kamu lakukan adalah belajar memaafkan kesalahan orang lain karena memaafkan adalah hal paling baik dalam sebuah hubungan. Dan teruslah selalu berpikir positif terhadap suatu kritik/ tindakan orang lain yang mungkin bisa menyebabkan Kamu sakit hati, karena pikiran positif akan membuat sakit hati menjadi normal kembali

One Response to “Kamu Pernah Sakit Hati??”

  1. sakit hati membuat badan ikut sakit.cinta pada yang diatas secara tulus.tidak akan dikecewakan,asal tulus lhooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: