Juta Ajrullah

Berbagi Demi Kebahagiaan Hakiki

Keistimewaan Bersujud

Posted by jutaajrullah on 17 December 2010

Ada sebuah cerita tentang seorang yang berkewarganegaraan Jerman. Pada suatu hari ia menyaksikan seorang muslim  sedang mendirikan sholat. Ia tertegun dan terpesona melihat gerakan-gerakan  yang dilakukan oleh muslim itu yang bagi dirinya sangat aneh. Dia memperhatikan dan mengamati dengan seksama, rasa penasaran dan keingin tahuannya menbuncah dalam dadanya. Fitrah kemanusiaannya mengetuk dinding hatinya Ketika ia menyaksikan si muslim itu bersujud menepelkan dahinya begitu lama di tanah.

Setelah muslim itu selesai dari sholatnya, dia menghampirinya dan bertanya tentang makna dan faedah dari gerakan-gerakan yang dilakukan seorang muslim itu, terutama gerakan  sujud. Sang muslim  menjelaskan makna sholat, hikmah dan manfaatnya dengan jelas. Dia mendengarkan dengan serius dan seksama. Mengalirlah rasa ta’ajub dan senang  dalam dirinya. Ketenangan yang selama ini hilang dari jiwanya kembali mengalir dan menyusup melalui pori-pori nuraninya menyirami ladang hatinya yang gersang Karena dia telah mendapatkan sesuatu yang selama ini ia cari.

Orang Jerman itu kemudian menceritakan sebab ke ta’ajubannnya, bahwa dia ditimpa sakit jiwanya, dan selalu sempit hatinya, kemudian setiap kali dia menempelkan dahinya di lantai ia merasakan ketenangan, begitu pula setiap kali ia mengalami kesempitan, kebingungan jiwa ia segera menempelkan dahinya ke lantai untuk mendapatkan ketenangan, sampai ia melihat seorang muslim yang sedang melaksanakan sholat. Maka ia mengetahui rahasia ketenangan, kenyamanan yang ia rasakan. Kemudian orang muslim itu mengajaknya ke sebuah Islamic Center. Di sana ia  banyak mendapat penjelasan dan pengetahuan tentang Islam. Setelah kunjungan itu tetesan hidayah Allah mengalir dalam dirinya sehingga ia memutuskan untuk masuk Islam dan mengikrarkan syahadatain. Subhanallah…!!! Gerakan sujud telah menjadi sebab turunnya hidayah Allah kepada orang jerman sehingga dia menjadi muslim.

Pengertian Sujud

Menurut Imam Thobari, sujud adalah menunduk, menyondongkan kepada siapa yang dituju, maka setiap menunduk kepada sesuatu berarti mengagungkannya atau disebut dengan sujud. Sebagaimana dalam surah al-Baqoroh: 58 disebutkan :

فال تعالى : ”…وادخلوا الباب سجّدا…“

“Dan masukilah pintu gerbangnya sambil bersujud (menundukkan diri)”

1. Sujud adalah Asal ibadah.

Ketika burung hud-hud  dimarahi oleh raja Sulaiman dia berhujjah bahwa dia telah melihat kaum yang bersujud kepada selain Allah, karena sesungguhnya bersujud adalah ketundukan, kerendahan, kekhidmatan. Dan ini adalah kejelasan  dari ma’na ibadah.

2. Sujud adalah saat Paling dekat dengan Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda :

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد , فأكثروا الدعاء

seorang hamba paling dekat dengan rabbnya ketika ia bersujud,maka perbanyaklah berdo’a.”( HR. Muslim)

Imam Nawawi berkata : ma’na sujud berarti seorang hamba lebih dekat dari rahmat dan keutamaan rabbnya, dalam bersujud dianjurkan untuk banyak berdo’a,  ini adalah bukti bagi yang berpendapat sesungguhnya sujud lebih afdol dari semua rukun-

rukun sholat.

3. sujud adalah lebih baik dari dunia dan seisinya

Diriwayatkan oleh Bukhori dalam shohihnya dari Abu Hurairah RA berkata :

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : والذي نفسي بيده, ليوشكن أن ينزل فيكم ابن مريم حكما عدلا, فيكسر الصليب, ويقتل الخنزير, ويضع الحرب, ويفيض المال حتى لايقبله أحد, حتى تكون السجدة الواحدة خيرا من الدنيا وما فيها.

”Sungguh tidak diragukan akan turun kepada kalian anak maryam sebagai pendamai, pembawa keadilan, yang akan menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghentikan peperangan dan akan berlimpah harta sampai tidak ada yang menerima lagi, sehingga bersujud sekali saja lebih baik dari dunia dan isinya. ”

Imam Ibnu Hajar berkata : mereka menawarkan hartanya dan tidak ada seorangpun yang menerima disebabkan turunnya keberkahan dan berlimpahnya kebaikan karena adanya keadilan.Disaat itu keluar kebaikan dari bumi dan sedikit keinginan terhadap dunia karena mereka mengetahui akan dekatnya dengan hari kiamat.dan saat itu sungguh bisa bersujud sekali saja lebih mereka sukai dari pada dunia dan seisinya.

Manfaat dari Sujud

1. Meninggikan derajat,menghapuskan kesalahan

Diriwayatkan oleh Muslim:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : عليك بكثرة السجود لله, فإنك لاتسجد لله سجدة إلا رفعك الله بها درجة وحط عنك خطيئة

”Hendaklah kalian memperbany sujud kepada Allah, sesungguhnya kamu tidaklah bersujud kepada Allah keculi Allah meninggikan derajatmu  dan menghapuskan  kesalahanmu dengan sujud itu”

2. Terdapat tanda pada wajah orang yang bersujud.

Allah SWT. berfirman :

”tanda-tanda mereka tampak tampak pada wajah mereka dari bekas sujud” (QS. Al-Fath:29).

Tanda diwajah mengandung banyak arti diantaranya: Menurut Ibnu Abbas radiallahu’anhu : jalan yang baik. Menurut Mujahid : khusyu’ dan tawadhu’. Menurut Assa’diy : sholat memperbagus wajahnya. Menurut yang lain : sesungguhnya tanda sujud adalah kebaikan cahaya di hati, cahaya diwajah, kelapangan rizki, dan dicintai oleh manusia.

Maka dari itu tanda sujud bukan berarti seperti yang sebagian orang duga yaitu tanda hitam di kening sehingga banyak orang yang berusaha membuat tanda di dahi mereka agar disebut sholeh, dan ini adalah arti yang salah sekali.

3. Menghilangkan kegundahan

Kesulitan da’wah tidaklah seperti kesulitan yang berkenaan dengan dunia, seperti makan, pakaian, tempat tinggal dll. Tetapi kasulitan da’wah karena muncul dari penentangan manusia dari kebenaran, atau kesalahan yang dilakukan sebagian penyeru-penyeru sehingga mendapatkan musibah, atau tidak terwujudnya tujuan da’wah seperti yang dialami Nabi Muhammad SAW, maka bersegera ia bersandar pada sholat, Allah berfirman :

“Dan kami sungguh sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit  disebabkan apa yang mereka ucapkan. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu diantara orang-orang yang bersujud.(sholat)

4. Menimbulkan kesabaran

واذكر اسم ربك بكرة وأصيلا. ومن الليل فاسجد له وسبحه ليلا طويلا( الإنسان :25-26)

”Dan sebutlah nama tuhanmu pada waktu pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepadaNya dan bertasbihlah kepadaNya pada bagian  yang panjang di malam hari”

Dzikir dan sujud adalah  alat komunikasi terbaik dengan Dzat yang menurunkan Al-qur’an kepada kita. Setiap kali seorang da’I menambah bekalnya dengan sujud dan dzikir maka akan bertambah pula kesabarannya.

5. Menambah kekhusyukan

Cara yang paling baik untuk meningkatkan kehusyu`an adalah dengan memperbanyak sujud kepada Allah SWT. Kaarena saat itulah seorang hamba sangat dekat dengan sumber ketenangan dan kekhusyu`an yaitu Allah subhanahu wata`ala.

6. Wajahnya bercahaya

Pada  hari kiamat Allah akan bangkitkan semua umat mulai dari awal hingga akhir, tetapi Rasulullah mengenali umatnya dari cahaya putih di wajah mereka karena bekas sujud  dan atsar dari air wudhu mereka di dunia.

7. Membuat  syaithon menangis

Rasulullah SAW bersabda :

إذا قرأ ابن آدم السجدة فسجد اعتزل الشيطان يبكي يقول يا ويله

“Jika dibacakan oleh anak adam ayat sajadah dan dia bersujud maka syaitan akan menghindar dan menangis  sambil berkata celakalah”

8. Diselamatkan dari api neraka

وجوه يومئذ ناضرة   (القيامة :22 )

”Wajah-wajah (orang-orang mu’min) pada hari itu berseri-seri”

Rasulullah SAW menceritakan kejadian di hari kiamat  ketika Allah ingin mengeluarkan hamba-Nya yang ia kehendaki dari api neraka, Allah memerintahkan malaikat untuk  mengeluarkan siapa diantara mereka yang tidak menyekutukan Allah SWT, siapa yang bertauhid dan siapa yang ada bekas sujudnya. sesungguhnya api neraka akan memakan anak adam kecuali bekas sujudnya

9. Masuk surga

Diriwatyatkan dari Muslim Rasulullah SAW bersabda :

فأعني على نفسك بكثرة السجود

Maka tolonglah aku atas dirimu dengan memperbanyak sujud

Hadits ini menjelaskan bahwa rasulullah sallallahu `alaihi wasallam tidak bisa menolong kita pada hari kiamat jika kita tidak pernah sujud. Maka Ketundukan dan kepasrahan seseorang  kepada Allah subhanahu wata`ala yang tercermin dalam bentuk gerakan sujud ( sholat ) merupakan salah satu syarat utama masuknya seseorang ke dalam syurganya Allah.

Mudah-mudahan kita senantiasa mendapatkan hidayah dan taufiq dari Allah swt sehingga kita mampu untuk terus istiqomah bersujud kepada-Nya.

 

Dirujuk dari Buletin Risalatuna Edisi 19, Februari 2010

One Response to “Keistimewaan Bersujud”

  1. Agus Salim said

    Assalamu ‘alaikum wr wb.
    Semoga kita bisa istiqamah bersujud. Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: